Blogroll

Jumat, 27 Januari 2017

Instalasi Listrik Banguan Komersial

     Instalasi Listrik pada sebuah bangunan atau rumah adalah menjadi kebutuhan mutlak saat ini mengingat apabila sebuah rumah atau bangunan gedung tanpa adanya listrik sama seperti kuburan yang tidak ada aktivitas kehidupan karena untuk melakukan segala aktivitas terutama diperkotaan listrik adalah bagian dari kehidupan.

     Dalam tulisan ini kita akan membahas tentang instalai listrik pada sebuah rumah atau bangunan beserta kelengkapan dan standarisasinya cara menentukan titik oenerangan dan pembagian daya beserta kelompok-kelompoknya sesuai kapasitas yang terpasang besarnya daya pada rumah atau bangunan tersebut.


     Contoh sederhana sebuah instalasi listrik rumah tinggal dengan daya 450VA dengan 5 ruang dan 6 titik lampu 3 buah kotak kontak masing-masing kotak kontak berdaya 100VA maksimal dan total daya lampu @18W TL untuk kapasitas ini dibutuhkan MCB 2 Ampere sebgai pembatas daya nya.


     Material yang dibutuhkan untuk instalasi listrik dirumah kita diantaranya adalah sebagai berikut berdasarkan standar pemerintah : pipa pvc atau clipsa diameter 20mm kabel NYM 1,5mm dan assesoris seperti klem, t-dos, knee, saklar, stop kontak kotak kontak, mcb,  sekering pengaman, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About